Senin, 16 Januari 2012

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikamatan dan kebahagiaan. Bagi seorang muslim yang tebal imannya menganggap bahwa sebuah penderitaan atau musibah merupakan suatu ujian dari Tuhannya untuk dapat bersyukur dengan segala apapun itu dan meyakinkan diri bahwa di balik semua itu pasti ada jalan keluar dan tuhan tidak akan memberikan sesuatu yang lebih berat dari yang dialaminya ( sesuai kemampuan).
penderitaan berasal dari dari kata derita dari bahasa sansekerta ( menahan atau menanggung). Penderitaan bisa berupa lahir dan batin. Selain itu penderitaan merupakan realitas dunia dan manusia, intensitas penderitaan bertingkat-tingkat ada yang bersifat berat ada juga yang ringan.
Penderitaan akan dialami oleh setiap manusia, tuhan memberikan kebahagiaan kepada setiap manusia tetapi juga memberikan kesedihan dan penderitaan yang dimaksudkan untuk menguji setiap manusia dan agar manusia sadar untuk tidak memanlingkan diriNya. Semua yang ada di dunia ini pasti berputar kadang mendapat kesenangan kadang juga mendapat penderitaan.
PENDERITAAN MANUSIA DAPAT DIPERINCI, sebagai berikut :
1. Perbuatan yang timbul karena perbuatan buruk manusia.
2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan, azab Tuhan.
PENGARUH PENDERITAAN, Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun negatif. Sikap negatif ini bisa mendatangkan rasa penyesalan dalam dirinya karena tidak bahagia dan tidak punya gairah hidup.
CARA MENANGGULANGINYA, yaitu dengan bersikap positif : sikap optimis bahwa hidup bukanlah rangkaian penderitaann, melainkan perjuangan membebaskan penderitaan karena semua itu bagian dari suatu kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar