Senin, 16 Januari 2012

MANUSIA DAN PERADABAN (CIVILIZATION)

ARTI PERADABAN
Dalam bahasa inggris istilah peradaban berari civilazion), untuk menunjukan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Apabila sebuah budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, luhur,dsb. Maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi. Istilah ini pun sering dipakai untuk hasil kebudayaan, seperti: kesenian, ilmu pengetahuan,dll.
Jadi, Peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada suatu masyarakat, yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi dan spiritual.
Setiap bangsa memiliki kebudayaan masing-masing, tapi tidak semuanya memiliki peradaban karena ciri bangsa yang sudah memiliki peradaban dan berada pada tahapan tinggi kebudayaan adalah bangsa yang sudah mencapai kemajuan. Tinggi rendahnya peradaban itu pun dipengaruhi oleh, kemajuan teknologi ( infrastruktur bangunan,sarana,dll), ilmu pengetahuan dan tingkat pendidikan (bangsa yang terdidik). Jadi evolusi kebudayaan bisa mencapai sampai pada taraf tinggi yaitu kebudayaan. Masyarakat yang beradab memiliki padanan dengan masyarakat madani ( masyarakat sipil).
Gelombang perubahan peradaban manusia ;
1. gelombang peradaban teknologi pertanian.
2. gelomang peradaban teknologi industri.
3. gelombang peradaban informasi.
Wujud peradaban moral :
1. nilai-nilai dalam masyarakat.
2. norma (aturan atau pedoman)
3. etika ( nilai-nilai tentang yang baik dan buruk).
4. Estetika ( segala sesuatu yang mencakup keindahan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar