Minggu, 15 Januari 2012

MENGAPA MBB-ISBD PERLU DIAJARKAN DI PERGURUAN TINGGI UMUM?

Tujuan ISBD di ajarkan khusus nya di kalangan mahasiswa salah satu nya yaitu : Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan masyarakat. Selain itu juga ada beberapa sebab lain yaitu :
1. LANDASAN HISTORIS
*dilihat dari unsur sejarahnya. Nenek moyang kita orang beragama terbukti dengan peninggalan sejarahnya.
*Memiliki warisan budaya dan peradaban tinggi. serta
* Bangsa indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, cinta damai, toleran, bergotong royong.
2. LANDASAN FILOSOFIS,hal ini berkaitan dengan:
* bangsa Indonesia memiliki falsafah hidup berupa pancasila yang terdiri dari lima sila yang isinya yaitu ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.
3. LANDASAN YURIDIS FORMAL
* tercantum dalam uud 45 salah satunya : UUD 1945 Pasal 30 dan 31, UU NO. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.Kep.Mendiknas No. 232/U/2000 dan No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti, dll.
4. LANDASAN PEDAGOGIS
* Mewujudkan manusia indonesia seutuhnya, dengan cara diperlukan suatu proses secara terencana, terus – menerus dan berkesinambungan yang disebut dengan proses pendidikan.
* Bangsa yang memerlukan pewarisan pengetahuan, nilai religi, dan sosial budaya.
* serta perlu adanya sikap untuk mempertahankan jati diri bangsa yang beragama, berdaulat dan bermartabat.
PERSONALITY
personality adalah susunan perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap individu. ciri-ciri watak seseorang individu yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang khas atau susunan unsur-unsur jiwa dan akal.
unsur-unsur personality :
a). Pengetahuan : segala sesuatu yang kita ketahui sebagai hasil penggunaan panca indra. Terdiri dari : 1. persepsi ( Seluruh proses akal manusia yang sadar). 2. Apersepsi( pengamatan secara sadar (penghayatan) tt segala sesuatu dl jiwanya (dirinya) sendiri yg menjadi dasar perbandingan serta landasan untuk menerima ide baru). 3. Pengamatan ( Suatu persepsi saat diproyeksikan berfocus pada hal yang lebih menarik pada bagian khusus). 4. Konsep (penggambaran abstrak).5. Fantasi( pengamatan, ada penggambaran yang dibesar-besarkan dan ditambah-tambah)
b). Perasaan : suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilainya sebagai keadaan positif atau negatif)
c). Drive (dorongan), terdiri dari: Dorongan mempertahankan hidup, sex, mencari makan, meniru, berbakti, keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar